Desain Grafis
Pentingnya Desain Grafis dalam Branding dan Marketing - Branding merupakan sebuah identitas atau nama, tanda, logo atau simbol perusahaan sebagai ciri khas tertentu. Untuk sebuah perusahaan, branding tidak semata- mata berperan selaku corporate identity, namun untuk meningkatkan citra brand profesional. Dengan demikian, Estetika desain dalam dunia marketing sangatlah penting, karena memiliki peran signifikan dalam membangun brand produk / perusahaan.
Pentingnya Desain Grafis
Kesuksesan membranding dalam sebuah perusahaan tak lepas dari peran aktif dan ide kreatif seorang desainer grafis. Apalagi di era serba digital seperti saat ini, desainer grafis mempunyai peran penting dalam urusan branding, iklan, promosi produk atau perusahaan baik secara online maupun offline.
Desainer Grafis profesional memiliki keahlian khusus dibidang grafis, terutama dalam konsep layout visual secara artistik. Untuk itu, desainer grafis diperlukan dalam perusahaan, organisasi, pemerintahan maupun swasta.
Dalam marketing pemasaran Jasa Desain Grafis sangat dibutuhkan, desain bertugas sebagai media komunikasi secara visual yang membantu dalam penjualan produk / jasa perusahaan agar mudah dikenali dan mendapat tempat khusus di hati konsumen.
Sebuah karya desain dibuat bukan hanya berdasarkan estetika semata, namun juga mempunyai nilai filosofi tertentu. Desain visual tersebut mencakup sebuah penggabungan Estetika, Tipografi, Filosofi, Layouting, Coloring dll. Desainer Professional akan menghasilkan desain visual yang menarik sesuai dengan konsep dan ide kreatif sehingga tercipta brand yang kuat.
Pengertian Branding
Brand bisa diartikan sebagai identitas diri, baik personal, produk maupun tempat. Kata brand secara bahasa berarti merek. Biasanya penggunaan kata brand dan branding berbeda secara makna.
Kata brand berarti merek, sedangkan definisi branding adalah semua kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun, mengembangkan, memperkuat dan mempertahankan sebuah merek agar memiliki citra positif terhadap orang lain atau konsumen.
Unsur-unsur Branding
Nama merek, logo, logotype, monogram, bendera, desain kemasan, desain produk, desain seragam, desain komputer, desain kendaraan, desain kantor, mascot, slogan, tag line dll.
Jenis-jenis Branding
Adapun jenis-jenis branding adalah sebagai berikut:
- Produk Branding
- Corporate Branding
- Personal Branding
- Geographic Branding
- Cultural Branding
Manfaat Branding dan Marketing
Manfaat atau fungsi dari branding dan marketing yakni membangun citra brand produk / perusahaan dalam hati masyarakat atau konsumen sehingga produk mudah dikenali dan diingat dalam jangka waktu lama. Secara rinci manfaat dari branding; Sebagai pembeda, promosi dan daya tarik, membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas, prestise dan pengendali pasar.
Kegagalan Branding dan Marketing
Salah satu faktor kegagalan maupun kesuksesan dalam branding terletak pada penggunaan desain visual. Membangun sebuah identitas atau brand tidaklah mudah dan tidak dapat dilakukan secara gegabah.
Sebagai contoh ketika dalam penggunaan desain visual yang sembarangan, maka akan berdampak buruk terhadap marketing dan citra produk atau perusahaan. Maka usahakan membuat desain visual yang menarik dengan konsep dan ide kreatif sesuai visi misi perusahaan agar tercipta brand yang kuat dan melekat di hati masyarakat.
Baca Juga: Desainer Grafis: Pengertian, Keahlian Dan Prospek Kerja
Penutup
Demikianlah pembahasan mengenai Pentingnya Desain Grafis dalam Branding dan Marketing. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang desain grafis dan branding.
No comments:
Post a Comment