5 Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word, Mudah, Cepat dan Efektif

Rouf Creative | Creative Graphic Design

5 Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word

Menghapus Halaman Kosong Di Word

5 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word, Mudah, Cepat dan EfektifBagaimana cara menghapus halaman kosong di Word?, salah satu cara yang biasa dan mudah dilakukan adalah dengan menekan tombol backspace atau delete pada keyboard. Namun cara tersebut belum tentu berhasil dan kurang efektif untuk menghapus halaman kosong di word tersebut.

Saat ini, banyak sekali kita temukan tutorial mengenai cara menghapus lembar kosong di word yang di post melalui blog, youtube atau medsos lainnya. Meski demikian, tutorial tersebut terkadang susah untuk dipahami dan dipraktikkan. Oleh karena itu, carilah tutorial atau cara menghapus page di word yang mudah, cepat dan efektif.

Halaman kosong di word tersebut biasanya terdapat di bagian tengah atau akhir dokumen. Adanya halaman atau lembar kosong di word membuat format dokumen terlihat tidak rapi dan bisa saja mengakibatkan permasalahan tersendiri saat akan diprint atau dicetak. Selain itu, dengan menghapus lembar kosong di microsoft word maka dokumen akan lebih bagus dan mudah dibaca mesin navigasi.

5 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word, Mudah, Cepat dan Efektif

Sebenarnya, banyak cara untuk menghapus halaman atau page kosong di word yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cepat dan efektif. Berikut adalah 5 cara menghapus halaman kosong di word:

1. Pilih Halaman Kosong dan Hapus

Cara menghapus halaman kosong di Word yang pertama dan paling mudah adalah dengan cara pilih halaman kosong lalu menekan tombol hapus atau backspace pada keybord anda. Setelah anda menghapusnya namun halaman masih tetap ada, maka ulangi sekali lagi dengan tekan tombol Hapus atau Backspace untuk menghapus halaman secara keseluruhan.

2. Gunakan Ctrl+Page Up Windows

Cara menghapus halaman kosong di Word yang kedua adalah menggunakan Ctrl+Page Up Windows. Caranya dengan menempatkan kursor pada awal halaman tepat sesudah halaman yang akan anda hapus, kemudian tekan tombol hapus pada keybord. Untuk lebih mudah dan tepat dalam mencari halaman kosong di word yang akan dihapus, anda bisa menggunakan jalur cepat dengan cara menekan Ctrl+Page Up Windows.

3. Lihat Tanda Paragraf

Cara menghapus halaman kosong di Word yang ketiga adalah melihat tanda paragraf. Seperti yang biasanya terjadi, salah satu penyebab halaman kosong di word adalah terdapat page break manual di word. Beberapa kontrol pengaturan mungkin menghalangi anda untuk melihat fitur di file word. 

Jika demikian, maka anda bisa mengatasinya dengan menekan simbol paragraf "¶" yang terdapat pada menu toolbar microsoft word. Anda bisa memilih cara yang dengan menekan Ctrl+Shift+8 atau Command+8, kemudian jeda halaman kosong atau menghapus simbol paragrafnya.

4. Hapus Seluruh Halaman Kosong

Cara menghapus halaman kosong di Word yang keempat adalah hapus seluruh halaman kosong. Caranya dengan menempatkan kursor di bagian atas halaman atau lembar kosong di word, lalu tekan dan tahan tombol Shift, kemudian tekan tanda panah bawah pada keyboard sampai seluruh permukaan halaman kosong dipilih (terlihat warna biru). Setelah itu, hapus seluruh halaman kosong dengan cara menekan tombol delete/ backspace.

5. Gunakan Margin Custom

Cara menghapus halaman kosong di Word yang kelima adalah menggunakan Margin Custom. Selain page break manual, penyebab halaman kosong tidak dapat dihapus adalah karena adanya penyisipan halaman pemisah ke dalam halaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menghapus dengan memulai halaman baru. Cara memperbarui pengaturan di word, pilihlah menu Page Layout, lalu pilih Margins kemudian pilih Margin Custom.

Baca Juga: Cara Praktis Ubah File Microsoft Word ke PDF di Laptop

Demikian pembahasan mengenai 5 cara menghapus halaman kosong di word, mudah, cepat dan efektif. Cukup mudah bukan? Saya yakin anda pun bisa mencoba dan melakukannya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Creative Inspiration

No comments: