Cara Mudah Belajar Pen Tool Aplikasi Desain Grafis

Rouf Creative | Creative Graphic Design

Belajar Pen Tool
Belajar Pen Tool 

Cara Mudah Belajar Pen Tool Aplikasi Desain GrafisPen tool adalah salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator dan CorelDRAW. Pen tool merupakan alat penting yang harus dipelajari dan dikuasai para desainer grafis, baik pemula maupun profesional. Fitur pen tool berfungsi untuk membuat garis kurva dan garis lurus secara efektif. 

Bagi desainer grafis pemula terkadang masih belum mahir dan kesulitan dalam menggunakan pen tool photoshop, pen tool  illustrator, pen tool coreldraw dan aplikasi desain lainnya. Untuk menjadi ahli dalam bidang desain grafis atau menguasai pen tool aplikasi desain grafis memang butuh proses dan semangat belajar mengasah skill desain. 

Baca Juga: Belajar Desain Grafis Pemula

Cara Mudah Belajar Pen Tool Aplikasi Desain Grafis

Bagaimana cara mudah belajar pen tool aplikasi desain?.  Berikut adalah cara mudah belajar menggunakan pen tool aplikasi desain grafis untuk desainer grafis pemula.

1. Memahami Fungsi dan Jenis Pen Tool

Sebagai langkah pertama dalam belajar menggunakan pen tool aplikasi desain adalah dengan memahami fungsi dan jenis pen tool. Dalam aplikasi desain, terdapat dua jenis pen tool yaitu Pen tool dan Freeform Pen tool yang masing-masing memiliki fungsi berbeda:

a. Pen Tool

Pen tool digunakan untuk membuat garis lurus, lengkung, dan sudut yang presisi dan efektif. 

b. Freeform Pen Tool 

Freeform Pen tool digunakan untuk membuat garis secara bebas tanpa harus presisi. 


2. Memilih dan Menetapkan Titik 

Cara mudah belajar menggunakan pen tool yang selanjutnya adalah memilih dan menetapkan titik awal dan akhir dari garis yang akan dibuat. 

Cara membuat garis lurus: 

a. Klik pada titik awal 

b. Kemudian klik pada titik akhir. 

Cara membuat garis kurva:

a. Klik pada titik awal dan tahan mouse. 

b. Kemudian tarik hingga membentuk kurva yang diinginkan.


3. Menggunakan Bezier Handle

Cara mudah belajar menggunakan pen tool yang berikutnya adalah dengan memperhatikan Bezier handle. Bezier handle pen tool digunakan untuk mengatur gambar garis kurva yang dapat dihubungkan antar titik yang telah dibuat. Cara mengatur dan menggunakan Bezier handle yaitu:

a. Klik pada titik yang dibuat. 

b. Kemudian tarik handle yang berada di sekitar titik.


4. Berlatih Membuat Bentuk Simple

Cara mudah belajar menggunakan pen tool yang selanjutnya adalah dengan berlatih membuat bentuk yang simple. Cobalah berlatih membuat bentuk simple seperti segitiga, lingkaran dan persegi dan sebagainya. Latihan ini bertujuan untuk mempercepat pemahaman dan mengasah keahlian dalam mengenal penggunaan pen tool.


5. Menggunakan Fitur Path

Cara mudah belajar menggunakan pen tool yang berikutnya adalah menggunakan fitur Path pada aplikasi desain grafis. Fitur berfungsi untuk menggabungkan beberapa garis menjadi satu bentuk yang lebih kompleks. Cobalah untuk membuat garis dari bentuk sederhana dan berlanjut membuat bentuk yang lebih rumit.


6. Melihat Tutorial

Cara mudah belajar menggunakan pen tool yang terakhir adalah melihat tutorial atau menonton video tutorial. Banyak sekali tutorial tentang penggunaan pen tool yang ada di youtube, blog atau situs desain grafis yang dapat membantu belajar lebih mudah menggunakan pen tool dengan cepat dan efektif.

Baca Juga: Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah belajar pen tool aplikasi desain grafis. Kunci utama dalam belajar menggunakan pen tool adalah sabar, telaten dan tekun berlatih. Jangan pernah lelah untuk belajar dan berlatih membiasakan menggunakan pen tool. Semoga bermanfaat dan semangat belajar!

Creative Inspiration

No comments: