WPAP ART: Pengertian, Faktor, Contoh dan Teknik Membuat WPAP

Rouf Creative | Creative Graphic Design

WPAP Art

WPAP ART

WPAP ART: Pengertian, Faktor, Contoh dan Teknik Membuat WPAP. WPAP Art merupakan salah satu karya seni desain visual dengan bentuk geometris dan warna-warni. Inisiator dari seni penyusunan wajah dengan garis imajiner ini adalah Wedha Abdul Rasyid. Siapakah sebenarnya Wedha Abdul Rasyid? dan bagaimana sejarah awal mula terciptanya karya seni WPAP?. 

Untuk itu, dalam kesempatan ini kita akan mengulas sedikit tentang sang pencetus dan sejarah WPAP, termasuk juga membahas pengertian, faktor, contoh wpap dan teknik membuat WPAP ART. 

Pengertian WPAP  

WPAP adalah style ataupun metode berilustrasi yang tidak memakai garis lengkung, warna kulit, abu– abu, tidak terdapat outline, melainkan memakai warna- warna terang ataupun pop. Wedha Abdul Rasyid, seorang illustrator senior sang pencetus gaya WPAP Art. Beliau lahir pada 10 Maret 1951 di Pekalongan Jawa Tengah. 

Sejarah WPAP Art  

Pada tahun 1990, dia menemukan metode baru dalam mengilustrasikan wajah, karena faktor umur yang mengakibatkan penyusutan pada penglihatannya, sehingga beliau merasa kesusahan untuk menggambar wajah dalam wujud realistis serta detail. 

Oleh karena itu, Wedha Abdul Rasyid membuat sebuah ilustrasi dengan gaya kubisme untuk sketsanya. Seiring berjalannya waktu, style ini kemudian tumbuh berkembang menjadi bagian dari seni pop art sehingga disebut Wedha’ s Pop Art Portrait (WPAP).

Faktor WPAP

  • Garis: Digunakan dalam membuat WPAP untuk membuat bentuk awal yang akan diwarnai, dalam WPAP tidak terdapat garis lengkung.
  • Node/ titik: Merupakan point ataupun titik patahan ataupun sudut selaku elemen dari garis
  • Warna: Warna yang digunakan dalam WPAP merupakan warna pop/ warna warni tanpa terdapat abu– abu ataupun warna kulit.
  • Facet: bentuk perwujudan suatu zona warna yang dibagi sesuai gelap dan terangnya warna, serta gabungan dari ketiga faktor diatas.

Baca Juga: Cara Belajar CorelDraw Bagi Pemula

Contoh WPAP Art

Berikut adalah salah satu contoh WPAP art yang saya buat roufcreative pada tahun 2014, wpap seorang musisi Indonesia pentolan Dewa 19, yakni Ahmad Dhani. WPAP art tersebut saya buat memakai aplikasi desain CorelDraw.


Teknik Membuat WPAP Art

Desainer grafis atau perancang WPAP Art pada umumnya memakai bantuan aplikasi desain pengolah gambar, seperti aplikasi corelDraw, adobe illustrator, photoshop, ataupun paint. Saya sendiri memakai aplikasi corelDraw, sebab lebih sederhana dan secara pemakaian. Adapun langkah-langkah teknik dalam membuat WPAP Art adalah sebagai berikut:

Faceting

Yaitu memastikan garis, titik serta sudut. Buatlah sederhana, tegas, tetapi tetap mempertahankan kemiripan wajah objek gambar.

Coloring 

Memastikan warna. Sebagian WPAPers membuat tipe skintone (warna kulit), grayscale (hitam- putih) terlebih dulu agar lebih mudah dalam memastikan gelap-terangnya warna, kemudian memakai palet warna. 

Baca Juga: Vector Ahmad Dhani Hope Style

Penutup

Demikian sedikit pembahasan Wedha’ s Pop Art Portrait atau lebih sering disebut WPAP ART: Pengertian, Faktor, Contoh dan Teknik Membuat WPAP. Semoga dapat bermanfaat dan selamat berkarya.

Creative Inspiration

No comments: