Seni Kaligrafi dan Khat Islam

Rouf Creative | Creative Graphic Design

seni kaligrafi islam
Seni Kaligrafi dan Khat Islam

Seni Kaligrafi dan Khat

Seni Kaligrafi dan Khat Islam Seni merupakan suatu estetika yang lahir dari dorongan fitrah manusia yang mengarah kepada bentuk keindahan. Dalam hadist shohih disebutkan bahwa seungghunya Allah Maha indah dan menyukai keindahan. Islam sebagai Agama yang meginformasikan isi kandungan ayat-ayat Al- Quran, memiliki peran penting dalam membumikan kaligrafi. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kaligrafi? 

Pengertian Kaligrafi dan Khat Islam

Secara etimologi istilah Kaligrafi itu berasal dari bahasa Yunani, yakni Kaligraphia / Kaligraphos. Kata kaligrafi berasal dari kata Kallos yang memiliki arti indah, dan grapho yang bermakna tulisan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kata kaligrafi memiliki dua unsur kata, yaitu tulisan dan keindahan. 

Sedangkan istilah kaligrafi dalam bahasa Arab diucap" Al- Khat", yang berarti coretan atau tulisan tangan atau coretan pena. Dengan demikian, Khatt atau kaligrafi adalah suatu ilmu seni dalam menulis atau merangkai huruf arab sehingga mempunyai nilai estetika yang megah nan indah.

Salah satu cabang kesenian Islam yang berkategori seni visual adalah Kaligrafi. Seni kaligrafi ini menduduki posisi yang sangat penting dalam kebudayaan Islam. Seluruh seni yang sejalan dengan ajaran Islam dilabeli seni Islami. Walaupun karya seni kaligrafi kerap kali diidentikkan dengan tulisan Arab yang biasanya dipetik dari ayat suci AlQuran, namun sebenarnya tulisan kaligrafi juga terdapat pada bahasa Cina, Jepang serta Yunani. 


Kaligrafi Arab

Keindahan khat atau kaligrafi tulisan Arab merupakan sumber inspirasi bagi para seniman di berbagai belahan dunia. Kaligrafi Arab yang diadaptasi dari ayat Al- Quran ialah elemen withering central dari seni agama Islam. Walaupun mayoritas seni kaligrafi terlihat sulit sekali untuk dibaca, akan tetapi perlu diingat bahwa tujuan kaligrafi merupakan wujud ekspresi dalam mengantarkan sesuatu pesan dengan bentuk yang indah. 

Seni kaligrafi bukan hanya sekedar sebagai sebuah ornamen ataupun hiasan semata, namun kaligrafi juga pantas untuk dimaknai serta diinterpretasikan secara mendalam oleh setiap orang yang menikmatinya.


Jenis-jenis Khat Kaligrafi


Terdapat banyak berbagai khat yang sudah dibukukan oleh para seniman kaligrafi, berikut berbagai khat- khat kaligrafi arab:

  • KHAT KUFI: Khat dari kaligrafi arab tipe Kufi ini sebagian besar hurufnya memiliki bentuk garis lurus secara vertikal dan horizontal sehingga lebih disarankan memakai penggaris untuk menulisnya.
  • KHAT NASKHI: Khat kaligrafi arab model naskhi lebih banyak digunakan untuk menulis kitab dikarenakan lebih jelas dan mudah untuk dibaca.
  • KHAT RIQ’ AH: Sekilas kaligrafi arab dengan khat riq'ah ini nyaris sama dengan khat naskhi, akan tetapi apabila diperhatikan secara seksama maka akan terlihat perbedaannya.
  • KHAT RAIHANI: Kaligrafi arab dengan khat raihani ini banyak tingat lengkungannya pada masing- masing hurufnya, khat tipe ini banyak digunakan oleh seniman islam di Persia.
  • KHAT DIWANI JALI: Khat tipe diwani jali ini banyak disukai oleh para seniman dari persia, apabila menulis kalimat menggunakan khat ini terkadang sulit untuk dibaca.
  • KHAT SULUSTS : Khat sulusts ini banyak digunakan oleh seniman kaligrafi arab dari asia, karena hurufnya memiliki nilai seni yang indah dan sangat mudah dibaca.
  • KHAT FARISI: Untuk menulis khat farisi dibutuhkan tangan yang kreatif, terampil dan luwes (tidak kaku) karena penulisan khat farisi lebih banyak menarik garis semi lengkung yang panjang.
  • KHAT DIWANI: Khat diwani memang terlihat indah, namun dalam kaligrafi arab jarang sekali digunakan, karena hurufnya susah dihafal juga kalimatnya yang sulit untuk dibaca dan dimengerti.

Sejarah Kaligrafi Di Indonesia

Di Indonesia pengetahuan tentang sejarah seni kaligrafi Islam belum banyak diketahui. Namun banyak literatur yang menunjukkan bahwa seni kaligrafi di indonesia sudah ada sejak zaman kerajaan - kerajaan islam berdiri di Nusantara. Sehingga dalam perkembangannya, seni kaligrafi sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa sejarah sangat dibutuhkan dalam menjembatani ikatan kebudayaan, terlebih seni melukis indah Arab yang sempat dominan dalam literasi sejarah kebudayaan Islam. Melalui pengetahuan sejarah, maka setiap peminat kaligrafi dapat memperoleh pesan berharga serta pemahaman kalau seni kaligrafi sesungguhnmya muncul justru lewat wahyu permulaan yang diterima Nabi Muhasmmad SAW.

Contoh Ornamen Kaligrafi

Berikut adalah beberapa contoh ornamen untuk hiasan seni kaligrafi:


Contoh Ornamen Kaligrafi

Contoh Ornamen Kaligrafi

Contoh Ornamen Kaligrafi

Kaligrafi Komputer

Semenjak merambah time advanced dengan diperkenalkannya sistem pembedahan Komputer, compositions penyusunan kaligrafi tidak lagi cuma dicoba lewat goresan- goresan tangan tetapi dengan memakai ketik console Komputer( Sistem composing). Pastinya, tidak seluruh Komputer dapat dipakai buat menulis huruf Bedouin, tetapi masih memerlukan suatu programming instalasi program( windows Arabic). 

Baca Juga: Cara Belajar CorelDRAW Bagi Pemula

Pada program CorelDraw ataupun Microsoft Word, methode pengetikannya cuma menciptakan standart bacaan biasa/ section secara horisontal, sebagaimana tulisan Khat tradisional, belum jadi suatu tulisan Kaligrafi yang imaginative serta elastis, masih dibutuhkan sebagian altering dalam menghasilkan bacaan lanjutan transisi serta dampak.


Penutup

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis, sejarah dan contoh ornamen seni kaligrafi dan khat islam, semoga bemanfaat dan dapat menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap seni islam yang indah ini.

Creative Inspiration

No comments: