Pengertian Logo: Tipe, Fungsi, Kriteria, Pembuatan dan Contoh Logo

Rouf Creative | Creative Graphic Design

Pengertian Logo

Pengertian Logo

Pengertian Logo: Tipe, Fungsi, Kriteria, Pembuatan dan Contoh Logo - Logo keren dan terkenal seperti, logo google, logo facebook,  logo instagram, logo twitter, logo apple, logo tiktok, logo adidas, logo nike dan sebagainya, begitu familiar. Logo-logo tersebut seakan-akan selalu menghiasi dan menjadi bagian dalam aktifitas kita sehari-hari, sehingga mudah melekat di hati dan mata masyarakat. 

Karena pada umumnya manusia lebih suka dan mudah ingat sesuatu berbentuk visual. Itulah salah satu manfaat dari desain dan branding logo bagi sebuah perusahaan dalam bisnis. 

Untuk itu, dalam kesempatan ini kita akan mengulas tentang sejarah logo, pengertian logo, tipe logo, fungsi logo, kriteria logo, persiapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo dan contoh logo terkenal. Berikut adalah penjelasannya:

Sejarah Pemakaian Logo

Seiring berjalannya waktu, konsep logo ikut mengalami perubahan, mengikuti perkembangan zaman. Di era digital ini, dalam proses pembuatan logo sudah memakai alat atau aplikasi modern yang canggih, tak heran jika desain logo terlihat semakin kreatif, simple dan elegan. Dalam sejarahnya, pada era tahun 1810 – 1840-an, awal mula pemakaian logo (logotype) yang bermakna sebuah entitas dibuat dengan tehnik penulisan atau memakai jenis font tertentu yang terlihat unik.

Pengertian Logo

Pengertian logo secara etimologi, kata Logo diambil dari bahasa Yunani Logos. Secara terminologi, logo merupakan simbol, sketsa atau gambar sebagai identitas visual yang mengandung filosofi atau makna tertentu. Logo bisa berupa teks, ilustrasi, logogram, gambar dan sebagainya. Bukan sekedar sebagai penanda, karakter dan konsep harus jelas. Logo harus memiliki filosofi dan dasar konsep yang mampu mewakili arti suatu perusahaan atau karakter produk. 

Dasar pembuatan logo adalah suatu bentuk sederhana yang harus memberikan arti tertentu yang dapat mewakili jenis dan karakter sebuah produk, sehingga konsumen dengan mudah mengingat dan mengenalinya. Bentuk dan warna logo mampu merepresentasikan identitasnya. Logo yang baik akan terlihat khas, simple (tidak rumit dan susah dipahami), profesional, elegan, unik, fresh, modern, mudah diingat dan bisa diaplikasikan diberbagai media.

Tipe Logo

Adapun logo dapat dibagi menjadi tujuh tipe, yakni:

 Logo tipe Letter Mark atau Logo Monogram

Logo tipe Letter Mark atau Logo Monogram







 Logo tipe Wordmark

Logo tipe Wordmark







• Logo tipe Pictorial Mark atau Simbol

Logo tipe Pictorial Mark atau Simbol







• Logo tipe Abstrak

Logo tipe Abstrak







• Logo tipe Maskot

Logo tipe Maskot







• Logo tipe Kombinasi

Logo tipe Kombinasi







• Logo tipe Lambang

Logo tipe Lambang






Lihat: 10 Contoh Desain Logo Teknologi


Fungsi Logo

Beberapa fungsi dari logo, yakni:
• Branding
• Sebagai media Komunikasi dan Informasi
• Memiliki nilai Edukasi dan Motivasi
• Memberikan nilai positif
• Ekspresi Jiwa/ Emosi
• Alat Presentasi dan Promosi atau Marketing
• Kepemilikan hukum yang kokoh

Properti logo

• Bentuknya merupakan huruf (Alfabet).
• Simbol ataupun angka (Simbol, Angka).
• Bentuk yang mirip dengan objek aslinya (Concreate, Forms).
• Bentuknya umumnya abstrak (Wujud Abstrak).
• Figuratif serta ciri huruf.
• Penandaan huruf.


Kriteria Logo

Berikut ini adalah kriteria logo yang baik yang harus diperhatikan dalam membuat logo keren dan profesional:

• Khas  

Mempunyai identitas pembeda, unik, bisa dibedakan dengan jelas dari logo orang lain.

• Keterbacaan

Mempunyai keterbacaan yang baik apabila diterapkan pada bermacam dimensi serta media iklan.

• Simpel atau sederhana

Maksudnya gampang dimengerti, dikenali, serta ditangkap dalam waktu singkat.

• Tahan lama 

Tetap unik dan menarik serta gampang diingat dalam rentang waktu lama.

• Sesuai identitas

Logo yang baik sesuai dengan identitas atau tipe bisnis serta citra industri ataupun organisasi.

Mudah diaplikasikan diberbagai media

Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan pembuatan logo adalah bentuk, warna ataupun konfigurasi logo ketika diaplikasikan dalam berbagai media, baik grafis maupun yang lain.


Persiapan yang Perlu Dicermati dalam Pembuatan Logo

1. Tipografi

Banyak logo cuma sukses dengan tipografi. Baik itu serif ataupun sans serif ataupun tipe font yang lain. Pemakaian tipografi yang tepat dapat memberikan nilai positif.

2. Warna

Warna ialah salah satu perihal yang sangat mempengaruhi dalam pembuatan logo. Warna logo yang simpel (tidak terlalu ramai, banyak warna), gampang diingat, sehingga pesan pada publik tersampaikan dengan baik.

3. Bentuk

Selain unik serta menarik. Kiranya logo tetap memiliki filosofi ataupun arti tertentu.

4. Keseimbangan

Keseimbangan dalam menciptakan ataupun mencari pemahaman seberapa baik logo yang akan dibuat. Carilah referensi logo dengan konsep yang baik.

5. Penelitian

Melakukan riset merupakan aspek terutama dalam membuat logo. Riset ini merupakan kunci membuat logo yang bagus.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Online Shop Di HP dan Laptop dengan Canva


Daftar Font Keren untuk Logo

Dalam memilih font keren yang dapat digunakan untuk membuat logo tidaklah mudah, untuk itu harus selektif dalam memilih font yang tepat, unik dan berkarakter. Berikut adalah daftar font keren yang dapat digunakan secara komersil dalam membuat logo:

  • Arial
  • Times New Roman
  • Clash Display
  • Myriad Pro
  • Trajan Pro
  • Futura
  • Ruck Sack
  • Garamond
  • Poppins
  • Montserrat
  • Verdana
  • Georgia
  • Ranade
  • Chillax
  • Rubik
  • Switzer
  • Neco
  • Lato


Penutup

Demikianlah sedikit pembahasan tentang  sejarah logo, pengertian logo, tipe logo, fungsi logo, kriteria logo, persiapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo dan contoh logo yang keren. Semoga bermanfaat dan selamat berkreatifitas.

Creative Inspiration

No comments: