Pengertian Logo
Pengertian Logo: Tipe, Fungsi, Kriteria, Pembuatan dan Contoh Logo - Logo keren dan terkenal seperti, logo google, logo facebook, logo instagram, logo twitter, logo apple, logo tiktok, logo adidas, logo nike dan sebagainya, begitu familiar. Logo-logo tersebut seakan-akan selalu menghiasi dan menjadi bagian dalam aktifitas kita sehari-hari, sehingga mudah melekat di hati dan mata masyarakat.
Karena pada umumnya manusia lebih suka dan mudah ingat sesuatu berbentuk visual. Itulah salah satu manfaat dari desain dan branding logo bagi sebuah perusahaan dalam bisnis.
Untuk itu, dalam kesempatan ini kita akan mengulas tentang sejarah logo, pengertian logo, tipe logo, fungsi logo, kriteria logo, persiapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo dan contoh logo terkenal. Berikut adalah penjelasannya:
Sejarah Pemakaian Logo
Seiring berjalannya waktu, konsep logo ikut mengalami perubahan, mengikuti perkembangan zaman. Di era digital ini, dalam proses pembuatan logo sudah memakai alat atau aplikasi modern yang canggih, tak heran jika desain logo terlihat semakin kreatif, simple dan elegan. Dalam sejarahnya, pada era tahun 1810 – 1840-an, awal mula pemakaian logo (logotype) yang bermakna sebuah entitas dibuat dengan tehnik penulisan atau memakai jenis font tertentu yang terlihat unik.
Pengertian Logo
Pengertian logo secara etimologi, kata Logo diambil dari bahasa Yunani Logos. Secara terminologi, logo merupakan simbol, sketsa atau gambar sebagai identitas visual yang mengandung filosofi atau makna tertentu. Logo bisa berupa teks, ilustrasi, logogram, gambar dan sebagainya. Bukan sekedar sebagai penanda, karakter dan konsep harus jelas. Logo harus memiliki filosofi dan dasar konsep yang mampu mewakili arti suatu perusahaan atau karakter produk.
Dasar pembuatan logo adalah suatu bentuk sederhana yang harus memberikan arti tertentu yang dapat mewakili jenis dan karakter sebuah produk, sehingga konsumen dengan mudah mengingat dan mengenalinya. Bentuk dan warna logo mampu merepresentasikan identitasnya. Logo yang baik akan terlihat khas, simple (tidak rumit dan susah dipahami), profesional, elegan, unik, fresh, modern, mudah diingat dan bisa diaplikasikan diberbagai media.
Tipe Logo
Adapun logo dapat dibagi menjadi tujuh tipe, yakni:
• Logo tipe Letter Mark atau Logo Monogram
• Logo tipe Wordmark
• Logo tipe Kombinasi
Fungsi Logo
Beberapa fungsi dari logo, yakni:
• Branding
• Sebagai media Komunikasi dan Informasi
• Memiliki nilai Edukasi dan Motivasi
• Memberikan nilai positif
• Ekspresi Jiwa/ Emosi
• Alat Presentasi dan Promosi atau Marketing
• Kepemilikan hukum yang kokoh
Properti logo
• Bentuknya merupakan huruf (Alfabet).
• Simbol ataupun angka (Simbol, Angka).
• Bentuk yang mirip dengan objek aslinya (Concreate, Forms).
• Bentuknya umumnya abstrak (Wujud Abstrak).
• Figuratif serta ciri huruf.
• Penandaan huruf.
Kriteria Logo
Berikut ini adalah kriteria logo yang baik yang harus diperhatikan dalam membuat logo keren dan profesional:
• Khas
• Keterbacaan
Mempunyai keterbacaan yang baik apabila diterapkan pada bermacam dimensi serta media iklan.• Simpel atau sederhana
Maksudnya gampang dimengerti, dikenali, serta ditangkap dalam waktu singkat.• Tahan lama
Tetap unik dan menarik serta gampang diingat dalam rentang waktu lama.• Sesuai identitas
• Mudah diaplikasikan diberbagai media
Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan pembuatan logo adalah bentuk, warna ataupun konfigurasi logo ketika diaplikasikan dalam berbagai media, baik grafis maupun yang lain.Persiapan yang Perlu Dicermati dalam Pembuatan Logo
1. Tipografi
Banyak logo cuma sukses dengan tipografi. Baik itu serif ataupun sans serif ataupun tipe font yang lain. Pemakaian tipografi yang tepat dapat memberikan nilai positif.
2. Warna
Warna ialah salah satu perihal yang sangat mempengaruhi dalam pembuatan logo. Warna logo yang simpel (tidak terlalu ramai, banyak warna), gampang diingat, sehingga pesan pada publik tersampaikan dengan baik.
3. Bentuk
Selain unik serta menarik. Kiranya logo tetap memiliki filosofi ataupun arti tertentu.
4. Keseimbangan
Keseimbangan dalam menciptakan ataupun mencari pemahaman seberapa baik logo yang akan dibuat. Carilah referensi logo dengan konsep yang baik.
5. Penelitian
Melakukan riset merupakan aspek terutama dalam membuat logo. Riset ini merupakan kunci membuat logo yang bagus.
Baca Juga: Cara Membuat Logo Online Shop Di HP dan Laptop dengan Canva
Daftar Font Keren untuk Logo
Dalam memilih font keren yang dapat digunakan untuk membuat logo tidaklah mudah, untuk itu harus selektif dalam memilih font yang tepat, unik dan berkarakter. Berikut adalah daftar font keren yang dapat digunakan secara komersil dalam membuat logo:
- Arial
- Times New Roman
- Clash Display
- Myriad Pro
- Trajan Pro
- Futura
- Ruck Sack
- Garamond
- Poppins
- Montserrat
- Verdana
- Georgia
- Ranade
- Chillax
- Rubik
- Switzer
- Neco
- Lato
Penutup
Demikianlah sedikit pembahasan tentang sejarah logo, pengertian logo, tipe logo, fungsi logo, kriteria logo, persiapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo dan contoh logo yang keren. Semoga bermanfaat dan selamat berkreatifitas.
No comments:
Post a Comment