Contoh Brand Guidelines dan Cara Membuat Brand Guidelines Bisnis

Rouf Creative | Creative Graphic Design

cara membuat brand guidelines

Contoh Brand Guidelines Bisnis

Contoh Brand Guidelines dan Cara Membuat Brand Guidelines BisnisBrand Guidelines merupakan aset penting untuk setiap perusahaan, bisnis, produk maupun layanan jasa. Brand dan desain logo sebagai eksistensi diri sebuah bisnis supaya mudah untuk diingat. Brand guidelines ataupun pedoman merek merupakan seperangkat ketentuan yang bisa menghasilkan citra dan suara yang tidak berubah- ubah buat bisnis. 

Penting buat memakai brand guidelines dikala mengawali proyek baru, melatih anggota regu baru, ataupun menghasilkan pemahaman hendak perusahaan Anda. Pedoman merek berlaku buat konten apa juga yang dibuat oleh merek Anda, sehingga harus lebih mudah, simple dan dimengerti oleh siapa saja.


Pentingnya Brand Guidelines

Mempunyai brand guidelines yakni Mengenai yang sangat penting, sangat utama buat bisnis ataupun perusahaan handal karena bisa bermanfaat buat jangka panjang. Brand guidelines ataupun pedoman merek penting sebab menolong menghasilkan citra yang tidak berubah- ubah buat produk ataupun bisnis Anda. 

Membuat pedoman merek berikan desainer dan rekanan Anda instruksi yang jelas tentang gimana perusahaan wajib diwakili. Pedoman merek yang efisien membolehkan karyawan buat berkreasi dengan konten yang mereka hasilkan, sembari senantiasa menyelaraskan pekerjaan mereka dengan citra perusahaan secara totalitas.


Fungsi dan Manfaat Brand Guidelines

Apabila telah mengenali pengertian dari apa itu brand guidelines, maka selanjutnya mengetahui fungsi dan manfaatnya. Adapun beberapa fungsi dan manfaat brand guidelines dalam bisnis adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Lebih Konsisten

Semacam yang telah dipaparkan di dini, bila konsistensi ialah salah satu aspek keberhasilan kala mau membangun suatu bisnis. Tidak hanya itu, konsistensi pula penting dalam membuat brand Anda lebih dikenal dan bisa diandalkan. Terjadinya pedoman tampaknya hendak jadi rujukan yang bisa Anda ikuti.

2. Menetapkan Standar dan Aturan

Brand guidelines berisi ketentuan tentang tata cara menggunakan elemen- elemen visual dari brand Anda. Ketentuan tersebut mencakup kapan wajib menggunakan logo, jarak, warna dan ukuran dari logo tersebut.

Anda bisa jadi menguasai ketentuan dan standar dari logo, tetapi karyawan ataupun regu desain Anda tentu tidak sangat mengerti logo yang sesuai dengan kaidah perusahaan. Sampai dari itu, pedoman brand gaya sangat berharga buat karyawan Anda.

3. Mudah Dikenali

Mengerti kah Anda bila salah satu tata cara buat tingkatkan brand awareness yakni dengan tata cara membuat pedoman brand gaya? Desain logo yang unik dan tagline yang terdengar menarik hendak membuat brand dikenal oleh publik.

4. Tingkatkan Nilai Produk

Menghasilkan pedoman brand guidelines pada bisnis Anda, hendak jadi nilai plus di mata publik dan calon konsumen. Mereka menyangka bila perusahaan Anda handal dan bisa dipercaya. Menimpa tersebut disebabkan pedoman brand guidelines hendak membantu perusahaan buat mempertahankan integritas dari produk Anda.

5. Strategi Branding Produk

Kala Anda berpikir bila strategi bisnis wajib diperuntukan pada calon konsumen saja, Anda salah. Dengan membuat pedoman brand guidelines, Anda pula dapat membangun branding dengan keakraban bisnis.

Apabila keakraban bisnis Anda terjalin dengan baik, sampai perusahaan hendak memperoleh keuntungan, semacam memudahkan kerja sama, mempertahankan eksistensi dan Mengenai yang lain sebagainya.

Semacam itu ulasan seputar brand guidelines yang bisa Anda ketahui. Perlu diingat kembali bila pelaksanaan branding yang tidak berubah- ganti ini sangat penting. Karena konsistensi penting pula melindungi kepercayaan konsumen. Apabila mengkonsumsi brand asetnya tidak berubah- ganti, sampai bisa saja mencuat asumsi bila perusahaan tersebut kurang kredibel karena ketidak konsistennya.

Bagian Dalam Brand Guidelines

Brand guidelines wajib mencakup sebagian bagian bawah, tercantum elemen desain visual utama dan suara merek. Tergantung pada kebutuhan proyek, pedoman merek bisa berkisar dari tinjauan simpel tentang font, logo, dan warna yang disetujui sampai panduan mendalam tentang seluruh aspek pemasaran dan citra perusahaan. Pertimbangkan guna utama pedoman merek Anda buat memastikan bagian mana yang sangat penting buat disertakan. Beberapa bagian universal yang tercantum dalam brand guidelines adalah sebagai berikut:

Lihat juga: Cara Membuat Logo Perusahaan Sendiri Menggunakan Tools Online Gratis

Logo dan Variasi

Logo Anda merupakan elemen bawah bukti diri merek Anda dan wajib dipaparkan dengan jelas dalam pedoman merek Anda. Pertimbangkan buat menyertakan alterasi logo Anda yang bisa diterima, dan tipe yang bisa digunakan secara online ataupun cetak. Bila merek Anda membolehkan desainer buat mengganti bagian dari logo, bagikan instruksi khusus tentang aspek apa yang bisa diganti dan apa yang wajib senantiasa sama.

Tipografi

Cantumkan font mana yang hendak digunakan merek Anda dan di mana font tersebut bisa diakses. Bagian ini pula bisa mencakup dimensi font Anda, alterasi yang bisa diterima, dan tempat memakai bermacam tipe huruf. Bila logo Anda menyertakan bacaan, bagikan perinci fontnya di bagian ini.

Skema Warna

Sertakan warna utama yang digunakan dalam logo, bacaan, dan web website Anda. Anda pula wajib mencantumkan palet warna dari warna sekunder yang menaikkan atensi visual pada konten Anda. Warna sekunder bisa digunakan pada pamflet, papan nama, dan modul merek yang lain.

Lihat Juga: Arti Warna dan Pengaruhnya dalam Desain Grafis dan Marketing

Citra

Bila merek Anda memakai fotografi ataupun ilustrasi, sertakan bagian citra dalam pedoman merek Anda. Jelaskan tipe foto yang Anda kaitkan dengan merek Anda, dan style dan konten yang tidak boleh digunakan buat merek Anda.

Perlengkapan Tulis dan Papan Nama

Pencitraan merek Anda mencakup apa juga yang mencantumkan nama bisnis Anda, tercantum kop pesan dan kartu nama. Buat catatan petunjuk buat membuat ciri raga buat bisnis Anda.

Website dan Media Sosial

Perjelas harapan buat posting di blog / website dan media sosial perusahaan Anda. Jelaskan format ciri tangan email dan pesan yang benar kepada pelanggan.

Nada dan Kepribadian

Gimana Anda berhubungan dengan klien, karyawan, dan bisnis lain bisa berkontribusi pada bukti diri merek Anda. Dalam pedoman merek Anda, Anda bisa menyertakan anjuran tentang cara menggambarkan perilaku tertentu dikala membuat konten atas nama perusahaan.

Statment Misi

Sebagian pedoman merek pula menyertakan statment misi yang merangkum tujuan dan nilai perusahaan. Ingatlah statment misi Anda dikala membangun bukti diri merek Anda buat membenarkan modul Anda mencerminkan pesan yang benar.

Contoh Brand Guidelines

Berikut adalah beberapa contoh desain brand guidelines keren yang dapat anda jadikan inspirasi dalam membuat Brand Guidelines untuk bisnis anda.


Contoh Cara Membuat Brand Guidelines Bisnis

Contoh dan Cara Membuat Brand Guidelines Bisnis

Cara Membuat Brand Guidelines Bisnis

Pedoman merek Anda merupakan bagian penting dari strategi bisnis Anda, jadi dikala buatnya selengkap bisa jadi. Bekerja buat membuat brand guidelines yang komprehensif bisa mengirit waktu dan sumber energi Anda dikala perusahaan Anda tumbuh dan menciptakan lebih banyak konten pemasaran. Langkah- langkah berikut bisa menolong Anda membuat brand guidelines fungsional buat bisnis Anda:

1. Tentukan Bukti Diri Merek Anda

Pertimbangkan audiens Anda dan tipe branding apa yang bisa jadi menarik untuk tim tersebut. Sehabis memutuskan karakter universal yang Anda mau proyeksikan bisnis Anda, Anda hendak bisa memastikan apakah konten Anda tidak berubah- ubah dengan nada merek Anda.

2. Kumpulkan Seluruh Elemen Desain yang Ada

Buat bisnis baru, langkah ini bisa jadi cuma mengaitkan catatan ilham desain. Bisnis yang lebih mapan wajib mengumpulkan seluruh logo, font, spanduk, iklan, perlengkapan tulis, dan komponen desain yang lain yang terpaut dengan perusahaan. Perhatikan kesamaan antara bermacam desain Anda dan hapus elemen apa juga yang tidak cocok dengan ketentuan branding Anda.

3. Prioritaskan Bagian

Pertimbangkan zona bukti diri merek Anda dikala ini yang sangat penting untuk perusahaan Anda. Bila Anda terletak di fase dini bisnis, desain dan tipografi bisa jadi jadi prioritas. Perusahaan yang tercipta seluruhnya bisa jadi bisa bergerak melampaui perinci dan meningkatkan bagian tentang gimana nilai inti dan tujuan masa depan mempengaruhi merek.

4. Sertakan Contoh

Paling utama dikala bekerja dengan desainer, penting buat menyertakan contoh gimana pedoman merek Anda wajib diterapkan. Template dengan font, spasi, dan warna yang cocok hendak sangat berharga untuk regu desain Anda. Anda pula bisa memikirkan buat menyertakan contoh asumsi terhadap skenario layanan pelanggan buat mendesak suara yang tidak berubah- ubah buat merek Anda.

5. Kerap Melaksanakan Pembaruan

Yakinkan buat meningkatkan elemen desain baru ke pedoman merek Anda dikala Anda mengembangkannya. Tiap pergantian dalam opsi font ataupun logo wajib dimasukkan secara tertib dalam brand guidelines Anda buat membenarkan kalau seluruh proyek mendatang mencerminkan pembaruan yang sama.


Panduan Membuat Brand Guidelines Bisnis

Dokumen pedoman merek Anda mungkin hendak digunakan oleh banyak orang yang berbeda baik di dalam ataupun di luar bisnis perusahaan Anda. Dikala membuat bagian penting dari bukti diri merek, Anda bisa memakai panduan berikut buat menolong membuat panduan Anda komprehensif dan bisa diakses:

Fokus pada kesederhanaan. Brand guidelines wajib gampang dimengerti sehingga staf baru bisa dengan cepat menekuni style konten yang diharapkan.

Miliki umpan balik. Bertanya kepada handal lain tentang kejelasan dan mutu pedoman merek Anda bisa menolong Anda menciptakan zona buat revisi.

Belajar dari orang lain. Sebagian perusahaan memposting pedoman merek mereka secara publik. Bacalah sebagian contoh pedoman merek yang ditulis dengan baik buat menolong Anda memutuskan elemen apa yang mau Anda masukkan dan apa yang bisa jadi Anda ganti.

Ingatlah tujuan Anda. Tiap bagian dari pedoman merek Anda wajib berkontribusi pada merek Anda. Pertimbangkan apakah tiap bagian membagikan data baru dan berguna untuk audiens Anda.

Lihat Juga: Pentingnya Desain Grafis dalam Branding dan Marketing

Penutup

Demikianlah ulasan lengkap mengenai brand guidelines, termasuk Contoh Brand Guidelines dan Cara Membuat Brand Guidelines Bisnis. Dengan mempunyai Brand Guidelines yang jelas, maka proses branding produk ataupun bisnis Anda akan lebih maksimal dan lebih cepat terkenal. Mudah- mudahan bermanfaat.

Creative Inspiration

No comments: