Cara Menjual Desain Logo di Shutterstock, Situs Microstock Terpopuler

Rouf Creative | Creative Graphic Design

Menjual Logo di Shutterstock

Menjual Desain Logo di Shutterstock

Cara Menjual Desain Logo di Shutterstock, Situs Microstock TerpopulerSalah satu agency microstock atau situs web tempat menjual desain logo terbaik adalah shutterstock, di shutterstock desainer grafis memiliki peluang besar untuk mendapatkan passive income atau berpenghasilan dollar dari menjual logo. 

Hingga saat ini, microstock yang berbasis di New York Amerika Serikat ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar stock yang telah diunduh oleh penggunanya untuk keperluan bisnis ataupun lainnya. Shutterstock juga memiliki pelanggan yang tersebar di 150 negara besar di dunia.

Kelebihan menjual logo secara online di situs shutterstock adalah anda  tidak perlu mencari customer sendiri, sehingga anda bisa lebih fokus dalam membuat desain logo. Selain itu, kelebihan lainnya di shutterstock anda masih bisa menjual logo secara bebas berulang-ulang tanpa batas dan dapat menjualnya kembali di agency microstock lain. Untuk harga logo yang didownload di Shutterstock bervariasi, mulai dari harga $0.10 sampai $10 dollar sesuai tipe download dari customer.

Cara Menjual Desain Logo di Shutterstock sampai Approved

Tentu tidak semua logo dapat dijual di shutterstock, ada beberapa persyaratan dan kriteria logo dari  shutterstock yang harus dipenuhi desainer. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara menjual logo di shutterstock mulai dari kriteria desain logo dan juga cara upload desain logo. 

Sebelum menjual logo di shutterstock, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun atau mendaftar sebagai kontributor shutterstock terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, silahkan daftar menjadi kontributor shutterstock di > Sini.

Baca Juga: Cara Daftar Kontributor Shutterstock, Hingga Menghasilkan Dollar

Kriteria Desain Logo Yang Bisa Dijual Di Shutterstock

Adapun desain logo yang akan dijual di shutterstock harus memenuhi kriteria dan standar dari shutterstock, seperti orisinalitas logo dan kreatif, format logo harus berupa vector, sehingga customer yang mendownload logo di shutterstock masih bisa mengedit dan memiliki master logonya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai kriteria desain logo yang bisa dijual di shutterstock. 

• Karya Desain Logo Original 

Desain logo merupakan karya asli buatan tangan sendiri bukan plagiat atau melanggar hak cipta. 

• Desain Logo Kreatif 

Desain logo memiliki unsur kreatif, unik dan tidak bersifat generic.

• Logo Format File Eps 

Format file logo harus di Export ke Eps 10 atau Eps. 8 agar dapat diCustomise diberbagai software vector.

• Ukuran Artboard 

Artboard di shutterstock memiliki ukuran 2000px X 2000px. Namun untuk lebih aman saat uploud berikan kelebihan space, misalnya ukuran 2020px X 2020px.

• Penamaan Logo Bersifat Generic

Pemberian nama logo harus bersifat generic. Seperti contoh Your Brand atau Name Brand dan sebagainya.


Cara Uploud Logo Di Shutterstock sampai Approved

Adapun cara uploud logo di shutterstock sangatlah mudah, yang terpenting pastikan bahwa desain logo sudah memenuhi kriteria dan standar dari shutterstock. Berikut adalah langkah-langkah cara uploud logo di shutterstock.

1. Masuklah ke halaman Dashboard Shutterstock Contributor. Kemudian klik Portofolio > Submit Content > Start here.

2. Lalu kemudian klik tombol Select Multiple Files.

Silahkan drag dan drop file desain logo yang telah anda siapkan sebelumnya.

3. Setelah file vector teruploud secara sempurna klik Next

4. Kemudian anda akan diarahkan pada tahap Keywoarding.

Kolom yang harus diisi pada tahap ini adalah sebagai berikut:

a. Deskripsi

Silahkan isi deskripsi sesuai jenis desain logo anda dengan Bahasa Inggris.

b. Category 

Silahkan isi bagian kategori tersebut. Terdapat dua kategori, pertama dan kedua, isi sesuai jenis desain logo.

c. Keywoard 

 Silahkan kolom keywoard diisi sesuai dan relevan dengan desain logo yang anda upload.     Maksimal 50 keywoard. 

5. Terakhir proses Review Desain Logo dari Shutterstock.

Proses review biasanya memerlukan beberapa waktu, silahkan tunggu sampai selesai. Shutterstock akan mereview desain logo yang telah anda upload, kemudian memutuskan apakah desain logo di Approved atau di Reject. Jika desain logo anda di reject, maka akan ada keterangan dan alasannya. Silahkan perbaiki lagi desain logonya, kemudian anda masih bisa uploud ulang. 

Sebenarnya, selain shutterstock masih ada banyak sekali agency microstock atau situs website lain yang bisa anda coba untuk dijadikan sebagai tempat menjual desain logo atau karya desain grafis lainnya.

Baca Juga: Daftar Website Jual Desain Grafis Online Terbaik

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara menjual desain logo di shutterstock, situs microstock terpopuler. Semoga setelah membaca artikel ini anda terinspirasi dan termotivasi untuk mendapatkan passive income dengan berjualan desain logo di Shutterstock. Tidak ada rugi dan salahnya untuk mencoba. Salam sukses.

Creative Inspiration

No comments: