Contoh Desain Maskot Keren
Contoh Desain Maskot Keren dan Unik - Maskot sering kali terlihat dan hadir dalam kemeriahan suatu event, baik event bertaraf nasional maupun internasional, seperti pada penyelenggaraan Piala Dunia, Piala Eropa, Asian Games, PON dan sebagainya.
Selain itu, banyak sekali perusahaan juga menciptakan sebuah maskot untuk mengenalkan produknya pada konsumen, seperti adanya Maskot Oppo, Maskot Vivo, Maskot Alfamart, Maskot KFC, Maskot Ban Michelin dan sebagainya.
Desain Maskot Keren
Selain harus memiliki nilai filofofi yang kuat, desain maskot yang keren, unik, ikonik dan menarik tentu akan jauh lebih mudah diterima dan menyita perhatian masyarakat luas. Konsep dasar bentuk maskot bisa beraneka ragam, dapat berdasar pada hewan, antropomorfik, personifikasi objek, ataupun manusia.
Kehadiran maskot-maskot tersebut menjadi warna dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Apa anda sudah tahu sebenarnya apa pengertian, fungsi, dan tujuan menciptakan maskot?
Pengertian Maskot
Maskot adalah suatu bentuk personifikasi yang dibuat sebagai representasi identitas sebuah organisasi atau produk. Maskot memiliki karakter sifat dan ciri khas tertentu yang dapat mewakili dan mampu menyampaikan visi dan misi brand dari sebuah brand atau perusahaan. Maskot sebagai media komunikasi sekaligus diferensiasi dan bentuk investasi produk yang efektif.
Baca Juga: Pentingnya Desain Grafis dalam Branding dan Marketing
Fungsi Maskot
Maskot memiliki peranan penting dalam dunia marketing terlebih untuk membangun identitas sebuah brand, yakni agar mudah dikenali (recognability) dan gampang diingat (memorability).
Maskot merupakan salah satu bagian dari strategi marketing yang diterapkan oleh sebuah perusahaan atau brand dalam mempromosikan bisnis. Desain maskot diyakini mampu menjadi representasi paling efektif yang dapat mencerminkan kepribadian dari sebuah brand.
Selain cermin dari kepribadian brand, maskot juga memiliki nilai artistik dengan sentuhan kreatif yang dapat menghibur bagi setiap orang yang melihatnya. Sehingga maskot diharapkan mampu menjadi daya tarik dan dapat menjembatani antara konsumen dengan brand.
Tujuan Menciptakan Maskot
Tujuan dari penciptaan maskot adalah salah satu cara membangun identitas brand atau event, sehingga tercipta persepsi positif, dapat menarik perhatian dan minat publik terhadap brand atau event tersebut.
Dengan adanya maskot maka brand tersebut akan terkesan nyata, sehingga publik merasa terhibur, nyaman dan aman saat berkomunikasi dengan brand atau event tersebut. Perancangan desain maskot pula bisa diterapkan pada suatu produk atau event, dengan tujuan sebagai media promosi serta agar citra produk atau event lebih gampang diterima oleh publik.
Penerapan maskot pada sebuah event dapat dijadikan sebagai media komunikasi atau promosi dan supaya citra kegiatan lebih mudah diterima oleh masyarakat atau publik. Maskot sedikit banyak berpengaruh terhadap kesuksesan suatu event atau acara. Salah satu contoh adalah Maskot Ki Sugro, merupakan maskot yang dibuat oleh KPU Grobogan dalam mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020.
Contoh Desain Maskot Keren
Berikut kami sajikan beberapa contoh desain maskot terkenal:
Maskot Piala Dunia 2022 Qatar
Baca Juga: Pengertian Logo: Tipe, Fungsi, Kriteria, Pembuatan Dan Contoh Logo
Penutup
Demikian pembahasan mengenai maskot. Termasuk pengertian maskot, desain maskot, fungsi maskot, tujuan menciptakan sebuah maskot dan contoh maskot. Apakah tertarik untuk memiliki atau ingin membuat maskot untuk produk anda?
No comments:
Post a Comment